Senin, 02 Januari 2012

RAR/ZIP Extractor alternatif

Bagi sebagian besar sobat mungkin tidak asing lagi dengan program/software yang satu ini, WinRAR. Kenapa WinRAR, WinRAR dan selalu saja WinRAR? Padahal WinRAR itu tidaklah gratis alias bayar dan mahal. Berdasarkan informasi resmi harga per lisensinya sekitar $29 (Sumber).
Jadi WinRAR jelas merupakan program berbayar, jika kita ingin mendapatkan fitur sejenis tetapi dengan program gratis, berikut alternatifnya.
1. 7-Zip
Lisensi
7-Zip adalah perangkat lunak open source. Kebanyakan kode sumber di bawah lisensi LGPL GNU. Kode unrar adalah di bawah lisensi campuran: GNU LGPL + unrar pembatasan. Periksa informasi lisensi di sini: 7-Zip lisensi.
Anda dapat menggunakan 7-Zip di komputer manapun, termasuk komputer di sebuah organisasi komersial. Anda tidak perlu mendaftar atau membayar untuk 7-Zip.
Fitur utama dari 7-Zip
·     Rasio kompresi yang tinggi dalam format 7z dengan kompresi LZMA dan LZMA2
·     Format yang didukung:
-     Packing / unpacking: 7z, XZ, bzip2, GZIP, TAR, ZIP dan WIM
-   Membongkar saja: ARJ, CAB, CHM, cpio, CramFS, DEB, DMG, FAT, HFS, ISO, LZH, LZMA, BR, MSI, NSIS, NTFS, RAR, RPM, squashfs, UDF, VHD, WIM, XAR dan Z .
·    Untuk format ZIP dan GZIP, 7-Zip menyediakan rasio kompresi yang 2-10% lebih baik daripada rasio yang disediakan oleh PKZip dan WinZip
·     Kuat enkripsi AES-256 dalam format 7z dan ZIP
·     Kemampuan self-extracting untuk format 7z
·     Integrasi dengan Windows Shell
·     Powerfull File Manager
·     Powerfull versi baris perintah
·     Plugin untuk FAR Manager
·     Lokalisasi untuk 79 bahasa
7-Zip bekerja pada Windows 7 / Vista / XP / 2008 / 2003 / 2000 / NT / ME / 98. Ada port dari versi baris perintah untuk Linux / Unix.
Pada Halaman Forge 7-Zip yang Sumber Anda dapat menemukan sebuah forum, laporan bug, dan sistem fitur permintaan.
2. IZArc
IZArc adalah utilitas freeware terbaik arsip yang mendukung banyak format arsip seperti: 7-ZIP, A, ACE, ARC, ARJ, B64, BH, BIN, bz2, BZA, C2D, CAB, CDI, cpio, DEB, ENC, GCA, GZ , GZA, HA, IMG, ISO, JAR, LHA, LIB, LZH, MDF, MBF, MIM, NRG, PAK, PDI, PK3, RAR, RPM, TAR, TAZ, TBZ, TGZ, TZ, uue, WAR, XXE , YZ1, Z, ZIP, ZOO. Dengan antarmuka yang mudah digunakan modern, IZArc menyediakan dukungan untuk file yang paling dikompresi dan disandikan, serta akses ke banyak fitur canggih dan alat-alat. Hal ini memungkinkan Anda untuk drag dan drop file dari dan ke Windows Explorer, membuat dan mengekstrak arsip langsung pada Windows Explorer, membuat arsip mencakup beberapa disk, menciptakan self-extracting arsip, arsip zip yang rusak, mengkonversi dari satu jenis arsip yang lain, melihat dan menulis komentar dan banyak lagi. IZArc juga telah membangun-in mendukung Multilanguage.
Dengan IZArc Anda dapat membuka file gambar CD seperti ISO, BIN, CDI dan NRG.
Hal ini juga memungkinkan untuk mengkonversi file tersebut dari satu jenis yang lain (BIN ke ISO, NRG ke ISO).
IZArc dapat dikonfigurasi untuk menjalankan pilihan Anda Anti-Virus scanner ketika Anda membuka arsip.
IZArc mendukung 256-bit enkripsi AES untuk mengamankan data Anda.
IZArc terintegrasi di Windows sehingga Anda dapat melakukan semua operasi pengarsipan dengan menggunakan menu klik kanan di Windows Explorer.
Jika Anda telah melanggar arsip IZArc dapat membantu Anda untuk memperbaiki mereka dengan mudah.
3. jZip
jZip adalah utilitas kompresi baru dan gratis untuk Windows. jZip mendukung beberapa format arsip populer seperti Zip, RAR, 7z, ISO, TAR dan Gzip. Hal ini sepenuhnya kompatibel dengan arsip yang dibuat oleh utilitas lain seperti WinZip, WinRar dan 7-Zip.
jZip dibangun dengan teknologi 7-Zip yang terbukti handal. 7-Zip teknologi yang cepat dan mencapai rasio kompresi yang lebih tinggi atau setara dengan program kompresi lain terkemuka. jZip berbeda dari aplikasi seperti WinZip ketika datang ke biaya. jZip adalah GRATIS dan kami berencana untuk tetap bebas baik untuk rumah dan pengguna perusahaan. Kami percaya bahwa kemampuan untuk membuat dan membuka file arsip harus bebas dan tersedia untuk semua.
jZip bukan format baru. jZip mendukung format terkenal seperti Zip, RAR, 7z, TAR dan Gzip dan kompatibel dengan program kompresi lain seperti WinZip, WinRar dan 7-Zip.
jZip adalah 100% gratis untuk digunakan pada komputer manapun di tempat kerja, di rumah, di sekolah atau di tempat lain. anda dipersilakan untuk menginstal jZip di tempat kerja anda dan menggunakannya secara gratis.
jZip diciptakan bagi pengguna yang merasa mereka ingin jenis yang sama ditawarkan oleh kemampuan kompresi 7-zip tetapi dalam antarmuka pengguna lebih mudah lebih ramping. Kami telah menghabiskan waktu yang signifikan merancang user interface ramping yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menggunakan mesin kompresi yang mendasarinya.
jZip menawarkan kompresi kuat dan pengarsipan aplikasi yang mudah digunakan. Mirip dengan WinZip, tapi benar-benar GRATIS...
4. PeaZip
PeaZip adalah Pengarsip gratis, tersedia sebagai perangkat lunak portabel dan diinstal untuk Windows dan Linux.
Buat 7z, ARC, bz2, GZ, PAQ *, PEA, QUAD / BALZ, TAR, UPX, ZIP Ekstrak ACE, ARJ, CAB, DMG, ISO, LHA, RAR, UDF dan banyak format file lebih PeaZip memungkinkan untuk membuat, mengubah dan ekstrak arsip sekaligus, membuat self-extracting arsip, arsip dan folder bookmark, menerapkan penyaring pencarian yang kuat, memindai dan membuka file dengan aplikasi kustom, menerapkan enkripsi yang kuat, split/gabung file penghapusan, data yang aman, menghitung checksum dan hash, thumbnail gambar tampilan, password disimpan dalam password manager dienkripsi...
Pada jaringan, aplikasi dapat dibuat tersedia untuk beberapa pengguna, baik whith konfigurasi bersama atau dengan konfigurasi terpisah untuk setiap pengguna, lihat "Pengaturan" dan "Kustomisasi dan scripting" di file help, yang juga berisi petunjuk berguna untuk meningkatkan sistem PeaZip ini integrasi.
Anda bebas dapat menggantikan executable backend di PeaZip/res direktori (setiap rilis PeaZip/paket) dengan yang diperbarui (selama mereka mendukung sintaks yang sama) atau dengan 64 mitra bit, jika tersedia.
PeaZip Portabel tidak memodifikasi sistem host: dapat diekstraksi hanya di jalan yang Anda inginkan, bahkan pada jaringan atau pada perangkat removable seperti USB stick. Sebuah jalur ditulis dianjurkan untuk menjalankan PeaZip Portable, dalam rangka untuk membiarkan aplikasi memperbarui konfigurasi dan kolektor keacakan terus-menerus, seperti dalam versi portable semua file yang terkandung di dalam direktori aplikasi. Aplikasi ini membutuhkan setidaknya untuk menulis ke disk konfigurasi pertama kali berjalan begitu periksa apakah jalur yang dipilih ditulis dan dalam kasus masalah mencoba menjalankan aplikasi sebagai administrator untuk memiliki izin yang diperlukan UAC.
Untuk mengekstrak file ACE itu dibutuhkan sebuah plugin yang terpisah (karena sumber alam UNACE freeware tapi tertutup) tersedia di Pengayahalaman.
·     PeaZip tersedia dengan banyak bahasa, klik Pilihan> Lokalisasi untuk mengubah bahasa GUI. Jika anda bersedia untuk memberikan kontribusi informasi terjemahan cek di PeaZip-xyabout_translations.zip file.
·     PeaZip yang source (LGPL v3) yang ditulis dalam FreePascal dan membutuhkan Lazarus IDE, lihat catatan untuk pengembang
·     PAD file: PeaZip, PeaZip (64 bit), PeaZip Portabel
5. Zipeg
Zipeg adalah pembuka file yang universal yang gratis untuk zip dan Rar file yang dirancang oleh Leo Kuznetsov. Dengan hanya klik, anda dapat membuka file dan melihat apa yang di dalam. Menemukan apa yang Anda cari dan ekstrak. Zipeg adalah untuk semua orang!

6. Free RAR Extract Frog

Free RAR Extract Frog adalah alat ekstraksi skinable untuk RAR-arsip yang mendukung arsip membentang serta dekompresi file yang dilindungi sandi. Manfaat meliputi :
·     Mudah, mudah, mudah! antarmuka pengguna yang mudah
·     Cepat, cepat, cepat! Mesin RarZilla yang cepat
·     Gratis, gratis, gratis! Benar-benar 100% gratis
Mulai ekstraksi dari file RAR dengan rag 'n' drop, klik 2x atau menu konteks shell terintegrasi. Untuk mempercepat proses dekompresi up, Free RAR Extract Frog memiliki opsi untuk menentukan folder default output atau password default atau keduanya. Perubahan kulit program dengan hanya memilih gambar JPG pada gambar katak di atas petunjuk singkat.
Program ini menawarkan instruksisingkat di lebih dari 50 bahasa.
Versi 3.23 memungkinkan pengguna untuk menggunakan screensaver sebagai kulit, mendukung wallpaper iPhone dan wallpaper Playstation Portable sebagai kulit dan fitur baru 3,31 RarZilla unrar mesin.
Nah itulah beberapa aplikasi RAR/ZIP Extractor alternatif yang gratis pengganti WinRAR. Jadi kalau ada yang gratis kenapa harus pakai yang bayar. Semoga bermanfaat...

2 komentar:

  1. ﺍﻟﺴ‎َّﻼ‎َﻡ‎ُ ﻋ‎َﻠ‎َﻴ‎ْﻜ‎ُﻢ‎ْ ﻭ‎َﺭ‎َﺣ‎ْﻤ‎َﺔ‎ُ
    ﺍﻟﻠﻪ‎ِ ﻭ‎َﺑ‎َﺮ‎َﻛ‎َﺎﺗ‎ُﻪ‎ُ


    ☺it browser ia om, hebat banar bisa memuad data file iank ane kagak tau..

    Hiks hiks, ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan sob, itu Software RAR/ZIP Alternatif pengganti WinRAR...
      Btw, terima kasih banyak atas kesediaan sobat untuk berkunjung ke gubuk saya & Salam Berbagi Sob!...

      Hapus