Jumat, 29 Juni 2012

1100 Hadits Terpilih - Kenikmatan

1.



2.


Ada dua kenikmatan yang membuat banyak orang terpedaya yakni nikmat sehat dan waktu senggang (Artinya, saat-saat sehat dan waktu senggang/luang orang sering menggunakannya untuk melakukan perbuatan yang sia-sia dan terlarang). (HR. Bukhari)
Membesarnya kenikmatan ALLAH bagi seseorang adalah bertambah banyaknya kebutuhan orang kepadanya (banyak dibutuhkan orang). Tetapi barangsiapa enggan memenuhi kebutuhan-kebutuhan orang-orang itu maka dia telah membiarkan kenikmatan itu lenyap. (HR. al-Baihaqi)

3.
Mohonlah kepada ALLAH kesehatan (keselamatan). Sesungguhnya karunia yang lebih baik sesudah keimanan adalah kesehatan (keselamatan). (HR. Ibnu Majah)
4.
Apabila ALLAH memberikan kenikmatan kepada hamba-NYA maka ALLAH suka agar kenikmatan-NYA itu tampak pada diri (hamba) NYA. (HR. ath-Thabrani)
5.
Yang pertama kali ditanyakan kepada seorang hamba dari kenikmatan-kenikmatan ALLAH kelak pada hari kiamat ialah ucapan, "Bukankah telah KAMI berikan kesehatan pada tubuhmu dan KAMI berikan air minum yang sejuk?" (HR. Tirmidzi)
Sumber:
1100 Hadits Terpilih (Sinar Ajaran Muhammad) - Dr. Muhammad Faiz Almath
Penerbit: Gema Insani Press

Tidak ada komentar:

Posting Komentar