Oleh : M.
Ichsan Amir Mujahid

Saat melamar, para fresh
graduate cenderung mengikuti jejak orang yang dikaguminya. Mereka yang
memiliki kualifikasi tinggi tentunya berharap dapat bekerja di perusahaan yang bonafide. Industri kreatif, teknologi
informasi, dan media massa masih akan diminati angkatan kerja baru hingga 10
tahun ke depan lantaran masyarakat makin sadar akan kebutuhannya memperoleh
informasi.
Selama teknologi berkembang, industri kreatif,
teknologi informasi, dan media massa tak akan kehilangan popularitas di mata
pencari kerja. Sementara itu, angkatan kerja baru juga makin melirik kesempatan
untuk menjadi abdi negara.
Kenyataannya, mencari kerja tidaklah selalu mudah,
hampir mirip dengan mencari jodoh.
Sebab, perusahaan memiliki kriteria yang spesifik, tergantung pada kebutuhan
jenis usahanya. Untuk bisa masuk ke dunia kerja, persiapan harus dilakukan
sejak kuliah, bisa dimulai di tahun ketiga atau sebelumnya.
Bagi mereka yang masih menganggur, sebaiknya
mengutamakan kesesuaian pekerjaan yang dilamar dengan kepribadiannya. Kompetisi
juga harus menjadi pertimbangan utama. Perlu diketahui "nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak menjamin seseorang
mudah dapat pekerjaan".
Nilai yang bagus ketika kuliah memang memudahkan dalam
proses seleksi administratif. Tapi, keputusan menerima atau tidak menerima
pegawai tidak berhenti sampai di sana. Ada kemampuan yang harus dikuasai, yaitu
"employability
skill" alias keterampilan kerja.
Keterampilan komunikasi, adaptasi, kerjasama,
pengelolaan diri, dan pemecahan
masalah termasuk di dalamnya. Kemampuan ini sangat diperlukan di
tahun-tahun awal bekerja. Bagi yang memiliki pengalaman berorganisasi, biasanya
kterampilan ini terlihat menonjol di sesi wawancara. Mereka sudah terbiasa
menganalisis, berpikir kritis, dan cukup percaya diri.
Pencari kerja juga harus siap dari segi mental. Ketika
pekerjaan impian tak kunjung datang, perluaslah jaringan. Cari informasi sebanyak
mungkin. Jaman sekarang perusahaan menggunakan banyak saluran untuk mengumumkan
kesempatan berkarier (lowongan kerja).
Selain mengiklankannya, perusahaan juga memajang informasi kesempatan kerja di situs
resminya. Tak jarang, mereka memasang pengumuman di situs khusus pencari kerja. Bahkan ada beberapa yang
memanfaatkan situs jejaring sosial
profesional untuk secara aktif mengintip kualifikasi calon pekerja.
Ketika kesempatan untuk menunjukkan potensi belum
muncul, isilah waktu luang dengan
kegiatan produktif. Menganggur
terlalu lama, selain dapat membuat otak atau wawasan tidak berkembang juga
dapat mempengaruhi sisi psikologis. Orang yang mengalami hal ini akan merasa
hampa dan merasa tidak berguna. Otak akan menjadi lebih cepat tumpul. Jadi,
"kerjakan apa saja, misalnya mengajar siswa SD atau SMP, atau bergabung di
komunitas hobi".
Sebelumnya mengirim lamaran lewat email, ada baiknya untuk
membaca dengan teliti iklan lowongan kerja yang kita dapatkan. Karena sering
kali perusahaan meminta pelamar untuk menuliskan kode tertentu di judul
(subject email). Terutama jika pada saat yang bersamaan mereka mempunyai
beberapa posisi lowongan pekerjaan.
Berikut beberapa tips menulis
dan mengirim surat lamaran via email,
1.
|
Email Subject (judul email)
|
Harus menolong
penerimanya (perusahaan) untuk segera mengetahui maksud dari email yang kita
kirim.
|
|
Contoh:
"Lamaran
untuk Posisi Staf administrasi" atau "Lamaran H7X" (jika
diminta berupa kode)
|
|
2.
|
Menulis surat lamaran
|
Kita bisa
menuliskan surat lamaran di badan email
|
|
3.
|
Resume/CV
|
Tulis resume/CV
dalam file tersendiri dan jadikan sebagai lampiran email
|
|
Perusahaan
terkadang meminta kita mengirim resume atau CV. Dan perlu diketahui perbedaan
antara keduanya, yaitu
|
|
Resume :
Informasi
tentang diri, latar belakang pendidikan, latar belakang pekerjaan &
keahlian. Biasanya 1 halaman & tidak lebih dari 2 halaman
CV :
Hampir
sama dengan resume, namun isinya lebih lengkap dibandingkan resume. Di CV
kita bisa menambahkan publikasi ilmiah, keanggotaan organisasi, penghargaan
yang pernah diraih dan informasi yang dianggap relevan dengan pekerjaan yang
ingin dilamar. Biasanya lebih dari 2 halaman.
|
|
4.
|
Jenis file lampiran
|
Biasanya pada
iklan lowongan kerja dicantumkan jenis file yang bisa harus kirim. Umumnya
perusahaan meminta file Ms. Word, tapi terkadang mereka mengijinkan untuk
mengirimkan file berformat pdf.
Jika tidak
disebutkan, kirimkan resume dalam file Ms. Word (.doc)
|
|
5.
|
Photo
|
Jika diminta
untuk menyertakan photo, jangan masukkan file foto yang terlalu besar.
Perkecil ukuran dengan menggunakan berbagai jenis program photo editor.
Pergunakan photo
formal berwarna yang terbaru (terkini)
|
|
6.
|
Ukuran
|
Usahakan ukuran
email tidak melebihi 300 kb
|
|
7.
|
Signature
|
Email signature adalah text yang dituliskan secara otomatis
oleh provider email kita. Adanya signature dapat mengurangi kesan
profesional pada lamaran kita.
Saya biasa menggunakan
Gmail,
karena kita bisa mengatur signature
email kita sendiri. Sedangkan Yahoo! & Hotmail menambahkan signature secara otomatis pada semua
email yang kita kirim.
|
|
Untuk berkas/file
lampiran seperti resume/CV, photo, ijazah, sertifikat, keterangan pengalaman
kerja, dan sebagainya dijadikan satu dalam bentuk zip atau rar.
|
CV Yang Memikat
1.
|
Buatlah CV dengan layout menarik. Di internet banyak
template yang bisa dicontoh
|
2.
|
Pilih
huruf yang jelas seperti
Arial, Tahoma atau Calibri
|
3.
|
Informasikan sesuatu yang jelas. Deskripsikan kelebihan yang kita miliki
dalam kalimat efektif.
|
4.
|
Cantumkan
biodata lengkap. Tidak
perlu menuliskan semua prestasi yang pernah diperoleh. Pilih yang terbaik dan
ada relasinya dengan perusahaan
|
5.
|
Sesuaikan
bahasa dengan perusahaan
yang dituju
|
Psikotes
Ibarat kamera, psikotes akan memotret kepribadian
individu apa adanya. Tidak perlu belajar sebelum menjalaninya. "Cukup jaga stamina karena umumnya
psikotes berlangsung berjam-jam".
Untuk itu, di hari sebelumnya, pastikan untuk cukup
makan dan tidur. Lalu jaga kesehatan emosi. Buang jauh-jauh rasa kesal. marah, dan
apapun hal yang tidak berhubungan dengan pekerjaan. Karena emosi yang tidak stabil akan mempengaruhi jawaban kita.
Dalam menjawab pertanyaan, berikan gambaran yang
mewakili kepribadian
kita. Berbohong hanya akan menyulitkan perusahaan menempatkan kita di posisi
yang tepat. Jadi, deskripsikan dengan
detail agar potensi terbaik yang kita miliki dapat terbaca.
Psikotes
merupakan alat untuk mengukur kesesuaian seseorang untuk menduduki posisi
tertentu. Psikotes bagi
tenaga pemasaran akan berbeda dengan teknisi. Perbedaan ini dikarenakan ruang
lingkup kerja dan tanggung jawabnya juga berbeda. Otomatis, kompetensi yang
dicari pun tidaklah sama.
Kecerdasan seseorang tidak menjamin kelulusan
psikotes. Gagal terus di tahap psikotes? Tenanglah, ini bukan jalan buntu. Bisa
jadi kita memeang tidak cocok menempati posisi yang dilamar. "Cari info sebanyak-banyaknya tentang sebuah
posisi dan lamarlah pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian kita".
Saat Wawancara

Saat panggilan untuk wawancara tiba, datanglah dengan tampilan profesional.
Pewawancara akan menilai penampilan pelamar mulai dari ujung kepala sampai
ujung kaki. Jika bingung memilih baju atau busana, kita dapat mengenakan batik.
Sejak awal masuk ruang wawancara, tunjukkan pembawaan diri yang baik. Duduk denganbahu tegap,
menunjukkan kepercayaan diri. Kurangi gerakan tubuh yang tidak perlu, seperti
menggaruk kepala, menggigit kuku, atau menggoyang-goyangkan kaki.
Berbicaralah
dengan jelas, efektif, dan tidak berlebihan. Perhatikan intonasi, usahakan untuk tidak emosional
dan hindari dengungan seperti a.., e.., hm.. dan sebagainya.
Ingat-ingat
prestasi yang pernah kita raih.
Pewawancara akan mengejar pertanyaan seputar keberhasilan kita. Siapkan jawaban
diplomatis tentang kekurangan kita. Beritahu kepadanya (pewawancara) bahwa kita
sedang belajar untuk memperbaiki kekurangan tersebut.
Kesiapan seseorang memasuki dunia kerja akan terlihat
di sesi ini. Namun, berhadapan langsung dengan pemilik otoritas kerap menjadi
masalah untuk sebagian orang.
Dan biasanya pertanyaan yang tersulit terutama bagi
mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja yang cukup adalah saat ditanya "Berapa gaji yang Anda inginkan?". Yang perlu kita lakukan sebelum
wawancara adalah mencari tahu pasaran gaji untuk posisi yang ditawarkan agar
kita dapat memberikan jawaban atas pertanyaan ini. Bila terpaksa, berikan
jawaban yang berupa kisaran angka, bukan angka tertentu. Jawablah dengan tegas dan tanpa ragu kisaran gaji yang
kita inginkan itu, namun tentunya harus realistis dan jangan lupa untuk
menyampaikan mengapa kita memasang harga pada 'kisaran' tersebut. Lalu, beritahu pewawancara
bahwa kita terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba.
Perlu diketahui, pewawancara lebih suka pada calon
pegawai yang dapat bernegosiasi, tegas dan bisa menilai dirinya sendiri atau
berani menyampaikan kelebihan yang dimilikinya. Karena memang perusahaan
mencari pekerja yang memiliki kepercayaan diri, berkualitas dan smart untuk kemajuan perusahaan.
Perlu diketahu pula bahwa proses
wawancara termasuk masa penjajakan yang lebih personal antara pelamar dengan
perusahaan. Oleh karena itu, perlu
banyak latihan agar bisa sukses di tahap ini.
Demikian beberapa tips untuk
melamar kerja yang dapat saya sampaikan. Semoga postingan ini dapat menambah
wawasan serta bermanfaat bagi para sobat sekalian. Amien...
Sekian & salam berbagi sob!...
---Dari Berbagai Sumber &
Pengalaman Pribadi---
gan saya sudah follow blog anda, jka tdak keberatan follow me back :)
BalasHapusThanks sob, segera meluncur...
Hapusartikel yg patut diacungi banyak jempol serta tampilan blog yg sangat serasi dengan tampilan artikel, sungguh membuat pengunjung betah berlama lama disini dan tak heran juga blog ini selalu dibanjiri banyak pengunjung...
BalasHapus#Salam Sehat Selalu
Terima kasih banyak atas kesediaan sobat berkunjung ke gubuk saya. Saya justru salut dengan blog sobat yang simpel, menarik & familiar.
HapusSalut untuk anda & Salam Berbagi Sob!...
SUDAH Q FollOW , mkasihnya dah Follow di Blog Q,
BalasHapusSlam
Tentang-99
Okay, thanks sob & salam berbagi...
HapusUdah kerja saya nya, tinggal nyari sampingan nih buat nutupi yang kurang2, hehe Rips Way
BalasHapusSelamat sob & terima kasih banyak atas kesediaan sobat untuk berkunjung ke gubuk saya ini...
Hapusthanks...
BalasHapushttp://www.the-lizart.net/ | Tutorial Photoshop Indonesia
Afwan wa syukron kadzaalik sob...
Hapushaturnuhun tos followback blog abdi. wilujeng.
BalasHapusnepangkeun, Etu.
sawangsulna sob...
HapusSangat bermanfaat Kang. Terima kasih!
BalasHapusSawangsulna lur...
Hapusterima kasih gan infonya...
BalasHapus