Kamis, 03 Desember 2015

Jangan Nikahi 6 Perempuan Ini


Imam al-Ghazali di dalam kitabnya Ihya' Ulumuddin (kitab Tassawuf yang terkenal) ada mengatakan ungkapan arab yang bermaksud, "Janganlah kamu menikahi 6 jenis perempuan" yaitu:

1.  Al-Annanah (suka mengeluh):
Perempuan yang banyak mengeluh & mengadu, selalu membalut kepalanya sebagai tanda sakit. (menandakan dia rasa terbeban dengan tugas hariannya, karena malas atau memang sifat aslinya suka mengeluh walaupun disebabkan perkara kecil. Perempuan tersebut berpura-pura sakit supaya suaminya tidak membebaninya dengan tugas harian). Menikahi perempuan yang sengaja buat-buat sakit tidak ada faedah padanya.

2.  Al-Mananah:
Perempuan yang memberikan sesuatu kepada suaminya (suka mengungkit-ngungkit). Sampai satu masa dia akan mengatakan : "saya telah melakukan untuk kamu itu ini"

3.  Al-Hananah:
Perempuan yang suka merindui & mengingati bekas suami atau anak daripada bekas suami. (Perempuan seperti ini tidak akan menghargai suaminya walaupun suaminya berusaha memuaskan segala kemauannya)

4.  Al-Haddaqah:
Menginginkan setiap perkara dalam perbelanjaannya (boros) & suka membeli sehingga membebankan suaminya untuk membayar pembeliaannya.

5.  Al-Barraqah:
Terdapat dua makna yang pertama, suka berhias sepanjang masa (melampaui dalam berhias) supaya wajahnya nampak lebih anggun & mempersona.
Makna kedua, perempuan yang tidak mahu makan, maka dia tidak akan makan kecuali bila bersendirian & dia akan menyimpan bahagian tertentu untuk dirinya sendiri.

6.  Asy-Syaddaqah:
Perempuan yang banyak cakap (bicara tak tentu arah).

Semoga kita bisa mengambil hikmahnya & para muslimah tidak termasuk di dalamnya. Amiin yaa Robbal ‘Aalamiin!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar