Kamis, 25 Februari 2016

CARA MENGATASI FACEBOOK YANG TERKENA SPAM

Mengatasi Facebook dari Aplikasi SPAM
Melanjutkan artikel Indahnya Berbagi sebelumnya tentang Cara memasukkan gambar ke Google via Picasa, Kali ini akan dijelaskan Cara Mengatasi Facebook dari Aplikasi SPAM. Apa itu SPAM? Spam adalah aktifitas (yang dilakukan bot/robot) untuk menghubungi orang secara berulang-ulang dengan konten yang tidak diinginkan. Termasuk mengirim pesan masal, mengirim link, PIN, atau gambar secara berlebihan ke Kronologi teman, Jadi intinya ada seseorang yang memanfaatkan akun milik kita untuk keperluan si-spammer "tanpa sepengetahuan kita".
Ada banyak penyebab yang memungkinkan suatu akun Facebook terkena SPAM, diantaranya :
> Phishing
> Malware
> Sharebaiting
> Self-XSS
> Click jacking
> Pencuri Access token
> Aplikasi Palsu
Apakah akun saya juga kena SPAM ?
Untuk yang tidak tahu bahwa akunnya aman atau tidak, silahkan pastikan terlebih dahulu dengan cara melihat Login history di sana akan terlihat browser apa saja yang di pakai Facebook kita, atau dengan cara lain yaitu memantau aktifitas akun kita di Facebook silahkan klik Log Aktifitas, Lalu lihat apakah ada aktifitas mencurigakan, contohnya:
> Membuat Catatan,
> Membuat Peristiwa Penting,
> Meng-Upload Photo,
> Menandai teman
> dll.
(Lihat waktu aktifitasnya) Jika di waktu tersebut sobat tidak merasa melakukan hal itu, maka bisa dipastikan akun Facebook nya kena SPAM!
Cara Mengatasi Akun Facebook Dari SPAM
2. Masuk ke Pengaturan Aplikasi
3. Hapus aplikasi yang menurut kamu mencurigakan dan tidak digunakan
4. Klik tanda X lalu Hapus pada bagian kanan aplikasi.
Penghapusan Aplikasi Facebook
Dengan cara tersebut, akun Facebook sudah terbebas dari Aplikasi SPAM.
Ada beberapa aplikasi meminta sobat untuk men-download perangkat lunak yang dapat berfungsi untuk menghindari akun sobat dari iklan, yang justru menambah beban saat membuka halaman Facebook. Ini disebut Adware, untuk melihat daftar lengkap program Adware yang diketahui, kunjungi : Adware Bantuan Facebook
Jadi Jika sobat melihat iklan yang yang aneh (tidak sesuai), berkedip atau memutar suara secara otomatis, Mungkin browser sobat menggunakan plug-in Adware, Adblock, atau sejenisnya. Maka hendaknya sobat menghapus plug-in yang tidak berguna. Karena Facebook sudah mengatur ukuran dan lokasi iklan yang akan ditampilkan dengan rapi yaitu di bagian kanan, jadi tidak mengganggu kenyamanan penggunanya. Seperti contoh di bawah ini:
Posisi Iklan Facebook (Before)

Posisi Iklan Facebook (After)
Cara menghapus Plug-in di Browser
> Google Chrome, klik Setting > Extensions.
> Mozilla Firefox, klik Tools > Add-ons > Ekstensi.
> Safari, klik Safari > Preferences > Extensions.
> Internet Explorer, klik Tools > Manage Add-Ons > Toolbars dan Extensions.
Setelah Anda menuju ke halaman ekstensi, lihat daftar plug-in yang tidak digunakan dan hapus apapun yang terlihat mencurigakan.
Dan perlu diketahui, bahwa pihak Facebook menyarankan untuk merubah Password secara berkala setiap bulannya. demi keamanan akun Facebook sobat.
Sekarang, jika Adware tidak masalah lagi tetapi Anda masih mengamati beberapa kegiatan aneh mencurigakan lainnya dan Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki malware, dan akun Facebook Anda telah di-hack, sobat bisa mengaktifkan beberapa fitur keamanan yang sudah Facebook sediakan yaitu:
Gunakan fitur keamanan di Facebook
2. Peringatan Login via SMS : Akan mendapatkan SMS jika seseorang (termasuk kita sendiri) login ke akun Facebook sobat.
3. Persetujuan Masuk ke Facebook : Harus memasukan kode yang di SMS dari Facebook saat Login
4. Generator Kode : Sama seperti nomor 3, perbedaannya fitur ini bukan menggunakan SMS melainkan Aplikasi Smartphone bernama Google Authenticator, cara installnya klik di sini
5. Kontak Terpercaya : Jika mengaktifkan ini, kalau nanti Facebook sobat kena hacker, sobat bisa mengatasinya dengan bantuan Kontak Terpercaya (menggunakan akun dari teman dekatmu)
Penting dilakukan.
> Jika sobat mengganti password, pastikan password baru tersebut berbeda dari semua password yang lain, pertama Email. karena jika hacker berhasil mencuri password Facebook sobat maka hacker dengan mudah masuk ke akun lainnya dengan menggunakan Email.
> Saya merekomendasikan sobat untuk mengaktifkan fitur di nomor 5, karena bisa sangat membantu dan tidak merepotkan seperti fitur keamanan lainnya.
Jika sobat kurang yakin kalo password baru itu kuat, maka sobat bisa mencoba web yang bernama The Password Meter, berguna untuk melihat apakah password yang sobat pilih cukup kuat atau tidak. Sebuah password yang aman/kuat memiliki unsur huruf KAPITAL dan huruf kecil, dan setidaknya satu nomor dan karakter tanda tanya.
Mengubah password hanya memperbaiki satu jenis hacking dan cracking. Jenis lainnya masih memungkinkan akun sobat terinfeksi malware seperti spyware atau virus dari komputer. Apakah yakin bahwa komputer sobat terbebas dari virus? Sobat perlu memastikan itu dengan menginstal Software antivirus. Banyak Antivirus Trial yang cukup bagus seperti, AVG atau Avira (free).
Selain menginstall Antivirus, Pastikan juga memperbarui Sistem Operasi (OS) pada PC sobat. Microsoft dan Apple telah merilis keamanan update yang memperbaiki kerentanan dalam perangkat lunak.
> Untuk Windows, klik Start > Program > Windows Update.
> Untuk Mac, klik ke menu Apple > Software Update.
Sekarang bahwa perangkat lunak sobat sudah up-to-date, juga telah menghapus aplikasi buruk dan menetapkan akun Facebook dengan pengaturan privasi, kini sobat sudah jauh lebih aman. Saatnya menggunakan Facebook dengan baik dan membagikan postingan ini (klik icon Share di bawah), agar semua teman di Facebook sobat bisa mengamankan akunnya dengan maksimal.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Sumber : Omklik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar