Rabu, 17 Februari 2016

Gagal Unggah Hasil Scan SK

Gagal Unggah Scan SK
Selalu gagal saat melakukan unggah hasil scan SK adalah salah satu kondisi yang banyak dialami oleh para pendidik (pengguna Simpatika). Baik saat mengunggah hasil scan SK Inpassing saat Verval Inpassing maupun unggah hasil scan Sertifikat Pendidik dan Ijazah terakhir saat Verval NRG di layanan Simpatika.
Keduanya, Verval Inpassing maupun Verval NRG, memang mensyaratkan untuk mengunggah hasil scan SK dan Ijazah terakhir. Di samping mengisi data sesuai dengan SK yang diterimanya.
Kenapa Kok Selalu Gagal Unggah SK?
Bisa jadi hal sepele ini membuat stress sebagian pendidik saat melakukan Verval Inpassing maupun Verval NRG.
Kenapa bisa terjadi?
Tentang kegagalan saat unggah SK Inpassing (tentunya sama dengan saat Verval NRG), pernah saya tulis dalam artikel tentang permasalahan seputar Verval Inpassing.
Ada tiga kemungkinan yang menjadi penyebab terjadinya kegagalan proses upload hasil pindai SK tersebut. Ketiganya adalah :
1. Format, ukuran, dan resolusi gambar hasil scan SK
2. Cache dan riwayat browser
3. Kekuatan dan signal internet
Dari masing-masing penyebab itu, baru bisa kita tentukan cara menanganinya.
Solusi Tidak Bisa Unggah SK Inpassing dan NRG

Sesuai dengan kemungkinan penyebab yang telah disebutkan di atas, pastikan bahwa:

1. Format, Ukuran, dan Resolusi Gambar Hasil Scan Benar

Pastikan gambar hasil scan SK tersebut memenuhi persyaratkan sebagai berikut:

a. Berformat JPG, PNG, atau GIF.

b. Berukuran minimal 200 KB dan maksimal 1 MB.

c. Menggunakan resolusi 96 dpi.

Format Gambar

Saat melakukan scan pastikan gambar hasil scan tersimpan dalam format JPG, PNG, atau GIF. Jangan menyimpan dalam bentuk PDF. Beberapa operator madrasah tampaknya rancu dengan unggah gambar hasil scan SK Operator di situs Emis yang menggunakan format PDF. Sekali lagi, layanan Simpatika tidak pernah menggunakan gambar berformat PDF. Sejak awal, format gambar yang digunakan selalu JPG, PNG, dan GIF.

Ukuran Gambar

Ukuran gambar harus antara 200 KB hingga 1 MB. Jangan kurang dari 200 KB dan jangan lebih dari 1MB. Ada baiknya, saat melakukan scaning (pemindaian) memilih mode dokumen sehingga hasil scan tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Jika masih terlalu besar, perkecil dengan berbagai program pengolah gambar seperti Photoshop, Coreldraw, Paint, Ms. Picture Manager (Microsoft Office 2010), ataupun lainnya.

Berikut ini video tutorial memperkecil ukuran gambar dengan menggunakan Ms. Picture Manager (Microsoft Office 2010). Mengingat program ini menjadi program bawaan yang pasti tersedia jika komputernya menggunakan Microsoft Office. Untuk menonton video, klik link berikut ini : Cara Mudah Mengecilkan Gambar dan Foto dengan Ms Picture Manager

Baca juga : Pratayang Fitur Baru SIMPATIKA

Resolusi Gambar

Umumnya hasil foto dan scan dokumen menghasilkan gambar dengan resolusi 96 dpi. Namun jika sebelumnya program scanning atau foto pernah di-setting ulang, bisa saja menghasilkan gambar dengan resolusi yang lebih besar atau lebih kecil.

Cek resolusi gambar dengan cara :
a. Klik kanan gambar hasil scan
b. Pilih (klik) Properties
c. Klik menu Details
d. Lihat di bagian 'Image' pada data Horizontal resolution dan Vertical resolution. Keduanya harus berisikan 96 dpi.
Jika terlalu besar, perkecil dengan software pengolah gambar seperti photoshop dan coreldraw. Pada Photoshop, caranya adalah :
a. Klik 'Image'
b. Klik 'Image Size'
c. Kemudian ubah besar (angka) pada kolom Resulution

Merubah Resolusi Gambar
Pada Coreldraw, caranya adalah :
a. Klik 'File'
b. Klik 'Export'
c. Pilih Save Type menjadi JPG-JPEG Bitmaps lalu klik 'Export'
d. pada jendela yang muncul, isikan nilai Resolution menjadi 96
e. Klik OK
2. Bersihkan Cache Browser yang Digunakan
Cache browser bisa jadi menjadi biang masalah gagalnya unggah gambar scan SK dalam layanan Simpatika.
Jika format, ukuran, dan resolusi sudah benar namun masih gagal juga saat mengunggah hasil scan ke layanan Simpatika, coba bersihkan cache browser dengan cara sebagai berikut.
a. Pada browser Google Chrome:
- Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
- Klik 'Alat Lainnya'
- Klik 'Hapus data penjelajahan'
- Muncul kotak dialog 'Hapus data penjelajahan'
- Centang pada jenis informasi (terutama 4 jenis teratas)
- Klik 'Hapus data penjelajahan'
- Jika perlu, restart (tutup lalu buka lagi) browser Anda
b. Pada browser Firefox:
- Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
- Klik menu kontrol (gambar tiga garis bersusun) di pojok kanan atas
- Terbuka tab pengaturan firefox, klik 'Advanced' atau 'Canggih'
- Klik 'Network' atau 'Janringan'
- Pada bagian 'Cached Web Conten' atau 'Konten Web Tembolok' klik 'Clear Now' atau 'Bersihkan Sekarang'
- Jika perlu, restart (tutup lalu buka lagi) browser Anda
Jika masih bermasalah, atau kesulitan saat membersihkan cache browser, coba dengan menggunakan komputer lain.
3. Kekuatan dan Stabilitas Signal Internet
Signal yang kurang kuat atau tidak stabil dapat mengakibatkan proses gagal unggah. Pastikan signal internet Anda mencukupi dan stabil.
Itulah beberapa kemungkinan penyebab terjadinya gagal unggah SK di layanan Simpatika. Dan solusi untuk mengatasi kendala gagal unggah SK. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan PTK, Operator Madrasah, dan Kepala Madrasah dalam ber-Simpatika.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Sumber : Simpatikapati.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar