Selasa, 12 April 2016

Beasiswa Pemerintah Jepang (MONBUKAGAKUSHO)

Kedutaan Besar Jepang membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa dan mahasiswi Indonesia untuk melanjutkan pendidikan di universitas di Jepang sebagai research student pada tahun akademis 2017.
Pada saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.
Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.
Beasiswa Monbukagakusho 2017
SYARAT UNTUK MENGIKUTI PROGRAM
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Pelamar lahir pada dan setelah tanggal 2 April 1982;
3. IPK dari universitas jenjang pendidikan terakhir minimum 3,0;
4. Nilai TOEFL minimum 550 atau ekuivalen atau lulus Tes Kemampuan Bahasa Jepang minimum level 2/N2
Selain tiket pergi pulang, uang masuk universitas, uang kuliah dibiayai dengan beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho), para mahasiswa akan menerima uang setiap bulannya untuk biaya kehidupan sehari-hari.
Registrasi Online dan Formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp).
Dokumen lamaran harus diserahkan kembali kepada Kedutaan Besar Jepang sebelum tanggal 09 Mei 2016, secara langsung atau dikirim melalui pos (paling lambat 09 Mei 2016 dokumen harus sudah di terima).
Informasi dari Kedutaan Besar Jepang, pada tahun akademis 2016 ada sebanyak 35 orang mahasiswa Indonesia telah lulus ujian dan berangkat ke Jepang sebagai research student dengan rekomendasi dari pihak Kedutaan.
Bagi Anda yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai informasi Pendidikan dan Kehidupan pelajar/mahasiswa di Jepang, Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang menyediakan konsultasi pada hari Senin, Selasa & Rabu.
Silahkan hubungi Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang melalui:
Telepon : 021 3192-4308, minta dihubungkan dengan Bagian Pendidikan
E-mail : beasiswa@dj.mofa.go.jp
Atau datang langsung ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Kedutaan Besar Jepang, Lantai 2
JL. MH. Thamrin No.24
Jakarta Pusat 10350
Kumpulan Soal-soal Ujian Tertulis Beasiswa Monbukagakusho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar